Rabu, 04 Januari 2012

KARAKTERISTIK STRATEGI PEMBELAJARAN PTFU

F.   Karakteristik Strategi Pembelajaran PTFU.
Strategi Pembelajaran PTFU terlahir  dari problematika belajar siswa dan khususnya pada mata pelajaran PKN, oleh karena itu Strategi ini belumlah tentu cocok jika dipergunakan untuk semua materi pelajaran, akan tetapi kemungkinan dapat dipergunakan untuk materi pelajaran yang memiliki karakteristik yang sama dengan materi PKN misalnya sejarah dan ilmu ilmu sosial yang lain, namun untuk menguji kebenaran pernyataan ini masih diperlukan penelitian yang mendalam.
Karena PTFU terlahir dari Problematika belajar siswa, maka dalam pelaksanaannya Strategi Pembelajaran PTFU dirancang tidak berdiri sendiri, tetapi masih terkait erat dengan Desain Proses Belajar mengajar yang dimulai dari Tatap Muka di kelas.
Sebagai Ilustrasi dapat kami kemukakan gambaran pelaksanaan PTFU yang memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Rancangan pembelajaran  dibuat pada awal semester.
  2. Rangkaian kegiatan yang terjadi antara kegiatan di kelas dan kegiatan belajar di luar kelas adalah merupakan satu bagian yang integral yang tak terpisahkan.
  3. Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PTFU adalah merupakan bagian dari Rancangan Proses Pembelajaran yang dibuat oleh Guru.
  4. Strategi Pembelajaran PTFU adalah sebuah strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan bantuan pada siswa bagaimana mengelola sebuah pembelajaran untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien.
  5. Strategi Pembelajaran PTFU memberikan kemungkinan adanya akselerasi belajar yang berbeda antara siswa yang satu dengan yang lain, sehingga guru perlu terus memupuk motivasi belajar siswa.
  6. Untuk memupuk semangat belajar siswa dalam strategi Pembelajaran PTFU perlu memberikan rangsangan dan motivasi dengan teknik reward and punishment.
  7. Dalam Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PTFU siswa perlu terus dibimbing dan dipantau, dan jika siswa mengalami masalah guru perlu memberikan bantuan.
  8. Dalam Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PTFU perlu disediakan format format yang telah dirancang untuk memudahkan siswa melaksanakan tugasnya.
  9. Dalam Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PTFU perlu adanya pengayaan bagi siswa yang sudah mengalami ketuntasan dan remidi untuk siswa yang belum berhasil mencapai ketuntasan.
  10. Dalam Pelaksanaan Strategi Pmbelajaran PTFU perlu adanya proses pendokumen tasian kegiatan yang dilakukan oleh siswa maupun Guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar