Rabu, 04 Januari 2012

TEKNIK PELAKSANAAN


G. Teknik Pelaksanaan
Teknik Pelaksanaan Strategi Pembelajaran PTFU ini dimulai dari rancangan atau Desain Proses Belajar Mengajar yang dimulai dari awal semester :
1.    Kegiatan Guru.
a.    Merancang proses Kegiatan Belajar Mengajar selama 1 semester / 1 tahun
      Dalam rancangan PBM menggunakan :
      1)  Pendekatan                 :   Student Centered.
      2)  Strategi                       :  Active Learning
      3)  Metode                       :  Ceramah Bervariasi, Resitasi, Diskusi dll
      4)  Teknik                        : Pemberian tugas yang terencana dengan  memanfaatkan teori medan.
                   ( RPP yang dibuat dapat mencakup beberapa pertemuan ).

b.    Mempersiapkan format-format yang diperlukan siswa antara lain :
1)    Petunjuk pelaksanaan Pembelajaran.
2)    Tes Typologi tanggapan ( gaya belajar )
3)    Indikator Pencapaian Hasil Belajar ( Smester I dan II )
4)    Rencana Pembelajaran
5)    Analisis Soal
6)    Laporan Realisasi Pembelajaran.
7)    Anecdotal Record
8)    Dan lain-lain.
c.    Memberikan orietasi Strategi Pembelajaran PTFU
d.    Melaksanakan Pre test
e.    Melaksanakan Pembelajaran
f.     Mengontrol dan mengarahkan KBM
g.    Melaksanakan Evaluasi.( Proses dan Hasil belajar.).
h.    Memberikan Piagam kepada siswa yang sudah mencapai ketuntasan.
i.      Mendokumentasikan kegiatan
j.      Membuat Analisa Hasil Capaian.
k.    Membuat Kesimpulan dan Melaporkan hasil.
2.    Kegiatan Siswa.
a.    Mengikuti Orientasi Strategi Belajar PTFU
b.    Mengikuti Test Tipologi tanggapan ( Gaya Belajar )
c.    Membuat Perencanaan Belajar.
d.    Menyusun Soal berdasarkan Indikator
e.    Berburu jawaban soal
f.     Melakukan kolaborasi dengan teman
g.    Menetapkan bobot soal
h.    Menetapkan skor dari bobot soal
i.      Mengikuti diskusi kelompok
j.      Mengikuti Diskusi Kelas
k.    Melakukan Uji Kompetensi I, II, III dst.
l.      Melakukan Remidi/Pengayaan
m.   Membuat laporan proses dan Hasil belajar.
3.    Pendokumentasian
Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar ini Guru perlu memperhatikan proses pendokumentasian kegiatan, karena jika tidak, akan menyulitkan pemantuan proses serta hasil, sebaiknya pencatatan terus dilakukan seirama dengan proses berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar