Rabu, 04 Januari 2012

TEKNIK MOTIVASI


J.  Teknik Motivasi.
Dalam setiap proses belajar mengajar biasanya untuk meningakatkan intensitas proses belajar mengajar guru menggunakan teknik motivasi, tidak terkecuali dalam pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan Strategi Pembelajaran PTFU.
Motivasi berasal dari kata motif, yang berarti suatu dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang yang menyebabkan orang tersebut mau melakukan sesuatu ( Purwanto Ngalim, M, 2000 : 71 ), selanjutnya motivasi diartikan sebagai  “pendorong” suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga  mencapai hasil atau tujuan tertentu.
      Gerungan menyatakan dalam bukunya Psikologi Sosial tentang motif  sebagai berikut :
“ Motif itu merupakan suatu pengertian yang melingkupi semua penggerak, alasan-alasan atau dorongan-dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu. Semua tingkah laku manusia pada hakikatnya mempunyai motif. Jaga tingkah laku secara refleks dan berlangsung secara otomatis, mempunyai maksud tertentu walaupun maksud itu tidak senantiasa sadar bagi manusia. Motif motif manusia dapat bekerja secara sadar, dan juga secara tidak sadar bagi diri manusia “ ( Gerungan, 2000 :   140 )

Untuk meningkatkn motivasi belajar siswa dilakukan teknik motivasi : 'Reward and punishment atau ganjaran dan hukuman", dengan bentuk :
  1. Siswa yang menyelesaikan tugas lebih dulu mendapatkan nilai lebih baik dibanding dengan siswa yang terlambat dalam penyelesaian tugas.
  2. Siswa yang sudah menyelesaikan Uji Kompetensi dalam waktu tertentu diberikan Piagam Penghargaan dari Guru.
  3. Siswa yang sudah tuntas diberikan pengayaan, dan siswa yang belum berhasil dalam uji kompetensi diwajibkan menempuh program remidi.

1 komentar: